Sabtu, 16 Februari 2008

Komentar Uraina Pada Jurnal

Assalamualaikum Wr. Wb.

Setelah membaca uraian Bapak yang berjudul " Pembelajaran Kalimat Bahasa Indonesia Dengan Pola Spiral Pada Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar" pada halaman 48 benar adanya. Penguasaan kalimat sangat diperlukan oleh seseorang baik itu seorang guru, calon guru, pembelajar (peserta didik) ataupun oleh mahasiswa dengan jurusan apapun. Penguasaan pola kalimat akan bermanfaat bagi kemampuan menulis wacana dan mengurangi kekeliruan dalam berbahasa. Terutama bagi calon guru ataupun yang sudah menjadi guru Sekolah Dasar penguasaan kalimat sangat berpengaruh kepada anak didik dalam menyampaikan pembelajaran. Respon seorang anak pada usia SD terhadap apa yang dipelajari sangat tinggi terutama bagi hal yang baru. Mungkin pada anak yang tinggal di daerah yang pada kebiasaannya menggunakan bahasa daerahnya, Bahasa Indonesia ini akan terasa hal yang baru bagi dirinya. Oleh karena itu apabila guru salah memberikan pengertian mengenai kalimat maka akibatnya akan fatal pada anak didiknya. Penguasaan kalimatnya akan salah.
Dengan pola spiral ini menuntut pembelajaran untuk menguasai kalimat aktif-pasif, kalimat berdasarkan kategori predikat, pola kalimat dan kalimat majemuk yang merupakan pokok dari penguasaan kalimat.

1 komentar:

Iswara mengatakan...

Setelah tanda kutip awal dan sebelum tanda kutip akhir tak perlu ada spasi.

Judul " Pembelajaran Kalimat Bahasa Indonesia Dengan Pola Spiral Pada Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar" pada kata dengan dan pada seharusnya tidak digunakan huruf kapital.

Bentuk sekolah dasar pada, "
Terutama bagi calon guru ataupun yang sudah menjadi guru Sekolah Dasar ..." seharusnya tidak kapital.

Bentuk, "Dengan pola spiral ini menuntut pembelajaran untuk menguasai kalimat aktif-pasif, kalimat berdasarkan kategori predikat, pola kalimat dan kalimat majemuk yang merupakan pokok dari penguasaan kalimat." tidak jelas. Silakan ganti kalimat ini!

Silakan lihat blog teman-teman Anda dan komentar yang ada di dalamnya.